cahaya pena art percetakan murah jogja

4 Software Desain Grafis Buat Pemula

4 Software Desain Grafis Bagi Pemula–Perkembangan teknologi hari ini semakin maju memang tidak bisa kita pungkiri lagi kehadirannya. Akibat dari perkembangan teknologi tersebut, kita bisa melihat perubahan-perubahan yang ada. dalam linimasa kehidupan kita, kebanyakan sudah bertransformasi ke dalam bentuk digital. Termasuk dalam hal dunia desain-mendesain. Desain yang awalnya dilakukan secara konvensional di atas kertas, kini mulai beralih ke digital dengan menggunakan PC, misalnya. Banyak orang melakukan desain untuk kepentingan bisnisnya seperti membuat desain produk, logo, desain kaos, desain untuk dunia periklanan, dll. Sahabat Cahayapena sudah tau belum software desain grafis apa saja yang bisa digunakan untuk membuat desain kita semakin keren? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. CorelDraw

Logo CorelDraw. Foto: pinterest.com

CorelDraw merupakan software desain grafis berbasis vector yang dikembangkan oleh perusahaan Corel dirilis pada Januari 1987 yang berpusat di Ottawa, Kanada. CorelDraw sendiri banyak digunakan untuk melakukan layout gambar, mengedit gambar vektor dan tentunya mendesain grafis.  toolsnya yang beragam tentunya akan memudahkanmu dalam mendesain ya Sahabat Cahayapena. disini kamu juga bisa membuat vector art dengan adanya tool PowerTRACE, sehingga vector yang akan kamu buat akan berubah secara otomatis. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat desain tulisan seperti lettering untuk keperluan logo atau lainnya.

2. Adobe Photoshop

 Logo Photoshop. Foto: worldvectorlogo.com

Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop merupakan software besutan dari Adobe System  yang dirilis pada 19 Februari 1990. Dalam Wikipedia, Photoshop merupakan software editor yang dikhususkan untuk pengeditan gambar/foto dan memberikan efek tertentu di dalamnya. Photoshop banyak digunakan untuk editing gambar atau foto, banyak agensi periklanan yang menggunakan software ini untuk keperluan layout kontennya. Hasil dari gambarnya dijamin ngga mengecewakan deh, karena di dalamnya ada banyak fitur lengkap untuk menggambar, Tool-tool yang ditawarkan pun beragam untuk kegunaan yang spesifik.  Photoshop bisa diinstall pada Windows atau Mac OS.

3. Adobe Illustrator

Logo Adobe Illustrator. Foto: worldvectorlogo.com

Adobe Illustrator atau sering disebut AI, adalah software desain grafis yang dikembangkan oleh Adobe. Untuk kemampuannya sendiri hamper sama dengan Coreldraw dari sisi fitur meskipun platform penggunaan dari keduanya berbeda, AI lebih diperuntukkan untuk desain grafis yang bersifat abstak, photo-retouching, dan professional editing on-fly, Coreldraw lebih ditujukan untuk desain dan rancang bangun objek 2D dan vektor. Jika anda lebih suka menggambar desain anda, Adobe Illustrator akan memanjakan keinginan anda dengan fitur-fitur yang tersedia disana. Terlebih lagi dengan fitur grid otomatisnya. Berbeda dengan CorelDraw yang fitur gridnya manual. Cocok untuk desain poster.

4. Inkscape

Logo Inkscape. Foto: brandsoftheworld.com

Inkscape merupakan aplikasi pengolah vector dibawah lisensi GNU GPL (GNU General Public License)  dan tujuan utamanya adalah menjadi perangkat pengolah grafik vector yang memenuhi standar XML, SVG dan CSS. Penggunaan Inkscape memang mirip dengan CorelDraw maupun Adobe Illustrator, Namun yang jadi pembeda dari Inkscape dengan CorelDraw atau Adobe Illustrator sendiri adalah aplikasi ini gratis. Ya, CorelDraw dan Adobe Illustrator sendiri adalah aplikasi yang berbayar. Jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk mempunyai aplikasi untuk mendesain, gunakanlah Inkscape. Fiturnya hampir mirip CorelDraw, Namun lebih simple.

Jadi, gimana Sahabat Cahayapena mana software desain grafis yang paling kamu minati? Semuanya bisa dipakai sesuai kenyamanan dan kebutuhanmu ya, karena tiap-tiap software juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalo kamu pengen nyetak hasil desainmu ke dalam berbagai macam bentuk keperluan, tapi bingung mau nyetak dimana ngga usah pusing! Kamu bisa nyetak desainmu di Percetakan Cahaya Pena Art sesuai dengan keinginanmu, sudah berkualitas, murah lagi. Yuk, tunggu apalagi karena berpikir terlalu lama hanya akan membuang-buang waktumu saja. Segera hubungi admin sekarang juga!

2 thoughts on “4 Software Desain Grafis buat Pemula”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *